Saturday, April 30, 2011

Resensi Buku : Sakinah Bersamamu

Judul Buku : Sakinah Bersamamu
Jenis Buku : Kumpulan Cerpen
Penulis : Asma Nadia (16 Cerpen), Galuh Chrysanti (1 cerpen)
Penerbit : AsmaNadia Publishing House
Cetakan : III, Januari 2011
Tebal : xii+344 halaman


Buku ini merupakan kumpulan cerita pendek yang dilengkapi dengan ulasan menarik di setiap cerita. Membahas tentang berbagai kisah sehari-hari yang sangat menyentuh dan realistis. Berbagai babak kehidupan berumah tangga yang seringkali dilematis, rumit dan seakan tanpa solusi, dituangkan ke dalam cerita yang menggelitik, segar, tetapi tetap menyentuh. Setiap cerpen dilengkapi dengan pembahasan obyektif dalam memandang setiap masalah yang dialami tokoh-tokoh di dalamnya. Judul-judul 17 cerpen yang termuat di dalamnya adalah :
1. Rahasia Mas Danu - Bercerita mengenai perbedaan karakter suami dan isteri. Tentang suami yang tidak ekspresif sehingga menimbulkan kesalahpahaman isteri.
2. Mata yang Sederhana – Bercerita tentang pasangan yang telah lama berumah tangga, isterinya sangat setia, namun suami merasa kehilangan “feeling” karena isterinya tidak lagi memperhatikan penampilan.
3. Ngambek! – Menceritakan mengenai isteri yang merasa tidak dimengerti, dan suami yang kurang sensitif.
4. Dia dalam Mimpi-mimpi Rani – Bercerita mengenai seorang isteri yang terbayang-bayang lelaki di masa lalunya.
5. Bahagia Mutiara – Berkisah mengenai seorang wanita yang minder dan gamang dengan kesederhanaannya. Dihantui perasaan tidak ada yang bisa dibanggakan dari hidupnya, ia menjadi panik ketika ada undangan reuni dengan teman-teman sekolahnya dulu, yang diyakininya akan menjadi ajang saling pamer keberhasilan. Pada akhirnya ia menyadari bahwa kesederhanaannya yang penuh berkah lebih penting dari sekedar kaya secara materi.
6. Sejuta Kasih – Mengisahkan tentang seorang ibu yang diuji kesabarannya karena memiliki anak yang perkembangan mentalnya tidak sempurna, dan menyesal karena merasa kurang memberikan kasih sayangnya ketika kemudian amanah tersebut diambil kembali oleh-Nya.
7. Ibu Pergi Sebulan – Menceritakan tentang seorang ibu yang mengajari anaknya berbohong untuk menghindari tagihan tukang kredit. Kebohongan demi kebohongan, ternyata menimbulkan banyak masalah baru dan justru bertambah rumit.
8. Satu Kecupan – Berkisah tentang isteri yang dibakar cemburu saat suaminya tidak ada di sisinya. Gosip-gosip infotainment tentang perselingkuhan yang selalu diikutinya membuatnya menciptakan skenario yang heboh di dalam kepalanya, yang membuatnya semakin khawatir dan dibakar api cemburu . Hatinya jadi selalu was-was, apalagi suaminya sangat tampan. Ternyata faktanya tidaklah demikian, suaminya bukanlah seperti apa yang dicurigainya.
9. Nyonya Kokom dan Para Suami – Menceritakan tentang seorang wanita yang suka bergosip tentang kehidupan rumah tangga orang lain, dan tidak menyadari bahwa sebenarnya rumah tangganya sendiri juga bermasalah, tanpa dia menyadarinya.
10. Arti Bunda – Berkisah tentang seorang ibu rumah tangga, yang ketiga anaknya telah beranjak remaja, tiba-tiba ingin bekerja. Ia bosan karena selama ini hanya mengurus rumah tangga saja. Saat pekerjaan sudah mulai dijalaninya, ternyata ia agak kewalahan dan merindukan masa-masa saat dirinya hanya mengurus rumah saja. Namun demikian sisi positifnya adalah, anak-anak menjadi lebih mandiri dan menghargai betapa selama ini bunda mereka telah berperan sangat besar dalam rutinitas keseharian mereka. Dan mereka pun menyadari bahwa menjadi ibu rumahtangga adalah juga sebuah pekerjaan yang tidak ringan dan butuh profesionalitas.
11. Gaya-gaya Tante Erna – Menceritakan tentang seorang wanita paruh baya yang belum juga menikah. Dia sibuk dengan penampilan fisiknya. Merasa selalu saja ada yang harus diperbaiki. Dandanannya gonta-ganti secara ekstrem, segala jenis perawatan tubuh dilakoninnya. Sayangnya tidak ada yang mampu meluruskan pemikirannya, hingga pada akhirnya ia harus masuk RS karena infeksi akibat salah perawatan. Hal itulah yang menyadarkannya bahwa penampilan fisik tidak akan pernah sempurna tanpa hati yang selalu berpikir jernih dan lebih bijaksana. Pentingnya inner beauty agar kecantikan fisik terpancar.
12. Cerita Tiga Hari – Bercerita tentang seorang lelaki, supir bajaj yang kehidupan profesionalnya dihiasi dengan warna-warni godaan, pertemuan dengan bermacam karakter penumpangnya, yang seringkali membuatnya harus mengurut dada. Namun demikian, kehidupan rumah tangga sederhananya yang harmonis, penuh cinta dan dilandasi keimanan menjadikan kata “pulang ke rumah” selepas bekerja menjadi begitu indah.
13. Lelaki yang Selalu Sendiri – Mengisahkan tentang seorang lelaki yang nampak aneh dan memiliki dunia sendiri. Ternyata masa kecilnya yang berat menyisakan trauma berkepanjangan. Hingga berkeluarga dan memiliki tiga orang anak, dirinya masih selalu merasa belum bisa menjadi lelaki sejati. Keimanannyalah yang membuatnya tidak terjebak dalam dunia kemaksiatan meskipun kehidupan rumah tangganya tidak bahagia.
14. Saat Memaknai Cinta – Bercerita tentang seorang ibu yang kewalahan menghadapi bayinya yang susah diatur, hingga hilang kesabaran dan lupa bagaimana amanah itu seharusnya dijaga.
15. Dua Puluh Tahun Cinta – Menceritakan tentang dilema seorang isteri yang mendapatkan godaan dari lelaki lain.
16. Kalung – Ini satu-satunya cerpen karya Galuh Chrysanti. Mengisahkan tentang tentang seorang anak yang sangat sayang kepada ibunya. Si anak lelaki ini merindukan ibunya untuk shalat dan menikmati keindahan cahaya Ilahi dengan selalu dekat kepada-Nya.
17. Sakinah Bersamamu – menceritakan tentang pasangan yang telah menikah hingga maut memisahkan. Saat suaminya kembali kehadirat Ilahi, isterinya terbayang-bayang betapa suaminya telah menghiasi dan melengkapi kehidupannya. Saat masih bersama, kesalahan suami seolah menghapus segala kebaikannya. Namun ternyata ketika dia telah kembali ke sisi-Nya, si isteri menyadari betapa hari-hari indah penuh kenangan telah mereka lalui bersama.




Buku ini cukup menarik karena mampu menuangkan masalah-masalah rumah tangga yang nyata dialami oleh banyak orang secara ringan, segar, dan menggelitik. Jika sedang mengalaminya, kita pasti merasa benar-benar merasa berada dalam situasi yang sangat rumit, tetapi saat membaca cerita yang mungkin pernah kita alami tersebut, beberapa cerita akan mampu membuat kita bisa menertawakan diri sendiri, dan mampu menganalisisnya kembali secara lebih obyektif. Ini dapat kita temukan misalnya pada cerita yang berjudul Rahasia Mas Danu, Ngambek!, dan Satu Kecupan. Ada juga cerita yang mampu membuat kita berderai air mata dan menyadari bahwa segala amanah yang dikaruniakan kepada kita harus kita jaga sebaik mungkin selagi masih ada kesempatan, seperti yang dikisahkan dalam cerpen berjudul. Sejuta Kasih dan Saat Memaknai Cinta. Cerita lainnya juga sangat menarik dan mampu membuka mata hati kita melihat bahwa kita tidak sendiri menghadapi masalah-masalah dalam rumah tangga. Yang terpenting adalah belajar menjadi pasangan yang baik, orangtua yang baik dan penuh cinta, yang didasari akan kecintaan kita pada-Nya. Beberapa cerita lainnya mungkin merupakan permasalahan rumah tangga yang tidak kita alami, namun cara penyampaiannya yang penuh humor, menjadikannya hiburan yang memperkaya rasa syukur.



Permasalahan di dalam rumah tangga setiap pasangan tentunya berbeda, namun membaca beberapa di antaranya yang ada dalam buku ini, akan membuat kita merasa bahwa semua masalah dalam rumah tangga sebenarnya dan seharusnya pasti ada solusinya yang akan membuat hidup kita insyAllah menjadi lebih baik, lebih bahagia, dan lebih bersyukur. Cinta bukanlah mencari pasangan yang sempurna, tapi menerima pasangan kita dengan sempurna (demikian seperti diucapkan oleh Asma Nadia di bagian sampul buku ini).

No comments:

Post a Comment