Monday, February 28, 2011

Tips SMART Berbelanja

oleh : Elly Romdliyana


Sahabat MULIA,

Berbelanja adalah salah satu aktivitas yang disukai kebanyakan wanita. Setuju dengan pendapat tersebut? hmmm, sebagian orang mungkin berpendapat bahwa berbelanja adalah lebih kepada upaya pemenuhan kebutuhan, atau juga keinginan. Tetapi, apapun definisinya, kita perlu waspada akan bahaya-nya. Bahaya bagi "kantong" kita, misalnya...^__^, terlebih lagi masalah mubadzir (membeli barang yang tidak sungguh-sungguh diperlukan) kadang terjadi.

Sebagai muslimah yang smart, tips berikut ini insya Allah bisa digunakan agar kita berbelanja pun dengan SMART.


1. Siapkan catatan/daftar barang belanjaan yang akan dibeli
Ini penting banget...Kita perlu mencatat kebutuhan kita apa aja, berapa banyak, dan sebagainya. Hal ini untuk menghindari membeli barang-barang yang sebenernya ga perlu-perlu amat dan menghindari buang-buang waktu karena bingung mau beli apa,
Jangan lupa juga untuk membawa tas atau keranjang belanja, karena tidak semua toko, khususnya di Belgia, memberi tas untuk membawa belanjaan kita. Ada juga yang memberi kantong belanja, tapi kita harus membayar sebagai gantinya. Meski harganya hanya beberapa sen atau euro, lumayan juga kaan kalau bisa ditabung atau untuk belanja keperluan lainnya.



2. Money (uang cash) atau credit card jangan lupa dibawa
Ini juga penting... apalagi yang belanjanya di toko orang, bukan tokonya sendiri. Karena berarti harus bayar pake uang cash atau credit card. Tentunya, jumlah uang belanja juga harus sudah dianggarkan sebelumnya, sehingga ga sampe "besar pasak dari pada tiang".
Lebih baik lagi jika sudah mendapatkan info tentang harga barang (infonya dari temen, brosur, website atau bon belanjaan sebelumnya). Sehingga bisa diperkiraan jumlah uang yang dibutuhkan. Tempat penyimpanannya juga harus rapi dan aman, yang ga mengundang niat jelek dari orang lain.




3. Atur rute perjalanan yang runtut, khususnya bila tujuan tidak hanya 1 tempat.
Ketahui letak toko yang dituju. Trus, buat rute perjalanan, agar tidak buang-buang waktu, muter-muter ga keruan...capek kan? Masih mendingan kalo cuma capek aja, kalo muter-muternya sampe tersesat atau malah belanja-belanja yang lain gimana tuuh?



4. Referensi
Bagian ini juga penting. Sebaiknya kita minta referensi dari temen, brosur, atau via internet. Referensi bisa dalam bentuk referensi tentang toko-toko yang menjual barang yang kita butuhkan dengan harga murah, plus terjamin kualitasnya. Selain itu, referensi waktu yang tepat untuk belanja. Kapan ada sale / solden? Tentunya ini untuk barang-barang yang tidak kita butuhkan dengan segera, misalnya pakaian. Seperti di Belgia, ada 2 kali solden dalam setahun, yaitu winter solden sekitar bulan Januari dan zomer solden sekitar bulan Juli. Nah, pada saat solden itu, kita bisa mendapatkan beberapa barang dengan harga diskon. Okee kaan?



5. Tahu JELAS info produknya
Info produk yang sebaiknya kita ketahui adalah namanya (khususnya kalo kita lagi di Luar Negeri). Terkadang nama produk menggunakan istilah/bahasa setempat, jadi kalo kita belum tahu betul bahasa setempat, tanya dulu aja... biar ga salah. Ke-halal-annya juga perlu dicek, apalagi kita sebagai muslim harus berusaha untuk cari tahu tentang info produk-produk/bahan makanan yang halal dan haram. Satu lagi yang perlu juga kita periksa adalah expired date-nya (tanggal kadaluarsa).


Okee, demikian tips berbelanja kali ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat Berbelanja dengan SMART!

No comments:

Post a Comment